Pimpinan UNSOED Sosialisasikan SNMPTN 2017 di Ratih TV

Primary tabs

Pimpinan UNSOED Sosialisasikan SNMPTN 2017 di Ratih TV

Pendaftaran jalur penerimaan calon mahasiswa baru melalui SNMPTN 2017 telah dimulai. UNSOED terus melaksanakan sosialisasi, kali ini Selasa (7/2) sosialisasi dilakukan melalui Ratih TV Kebumen dalam format Dialog Interaktif.  Hadir sebagai narasumber Rektor UNSOED, Dr. Ir. Achmad Iqbal, M.Si., bersama Wakil Rektor Bidang Akademik UNSOED Prof. Dr. Ir. Mas Yedi Sumaryadi, MS. 

Dialog interaktif  yang dipandu oleh Koordinator Pusat Edukasi dan Multimedia LPTSI UNSOED, Dian Bestari, M.I.Kom  ini, secara umum  memberikan penjelasan mengenai mekanisme SNMPTN 2017, yaitu dengan seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik. Siswa juga harus mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan tercantum/terdaftar PDSS secara online. Sedangkan bagi sekolah yang siswanya akan mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

Rektor menerangkan bahwa pengisian PDSS sudah dimulai pada 14 Januari - 10 Februari 2017, verifikasi PDSS 15 Januari - 12 Februari 2017, Pendaftaran SNMPTN 21 Februari - 6 Maret 2017, Pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN 14 Maret - 14 April 2017, Proses Seleksi 15 Maret - 15 April 2017, dan Pengumuman Hasil Seleksi 26 April 2017. Proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi 16 Mei 2017 bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2017.

Terkait dengan pilihan PTN dan Program Studi, Wakil Rektor Bidang Akademik menjelaskan bahwa siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 PTN di mana salah satunya harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah/madrasah asalnya. Sedangkan bila memilih 1 PTN saja, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi manapun.  Berkenaan dengan program studi,  siswa dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal 2 (dua) program studi, di mana urutan pilihan dan program studi menggambarkan prioritas pilihan. Ditambahkan, untuk siswa yang mendaftar pada program studi keolahragaan dan seni wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://snmptn.ac.id

Sebagai informasi, biaya SNMPTN ditanggung Pemerintah, sehingga Siswa Pendaftar tidak dikenai biaya pendaftaran dan seleksi. Selain itu, bagi pendaftar yang berasal dari keluarga yang kurang mampu, maka dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan yang pendaftarannya dilakukan melalui laman http://belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi Informasi resmi juga dapat diperoleh melalui http://halo.snmptn.ac.id, dan call center 08041 450 450.

Maju Terus Pantang Menyerah!